Rabu, 06 Mei 2020

Kerja Seperti "Budak", Nasib ABK Indonesia Jadi Berita di Korea


Anak buah kapal atau ABK Indonesia menjadi pemberitaan di Korea Selatan. Berita ini mungkin tidak sampai terdengar ke Indonesia jika tidak diberitakan oleh seorang vlogger Korea yang sempat lama menetap di Jawa Timur. 

Jang Hansol pemilik akun Korea Reomit dengan bahasa Indonesia yang fasih logat Jawa timur sempat mengatakan sebenarnya ia tidak enak menyampaikan berita di salah satu program berita Korea ini. 

Namun karena ada permintaan dari salah satu subscribernya, ia pun menerjemahkan berita tentang nasib ABK Indonesia tersebut. 


Jang menjelaskan bahwa ABK Indonesia ini harus bekerja selama 30 jam non stop dan baru mendapat jatah istirahat selama enam jam. Enam jam tersebut sudah termasuk waktu makan dan tidur. 

Mereka para ABK sudah bekerja selama 13 bulan dan baru menerima gaji sekitar 1,7 juta rupiah. Selama di kapal, mereka tidak diperkenankan minum air mineral. Mereka minum dari air laut yang sudah diinfiltrasi. 

Akibatnya banyak ABK Indonesia yang sakit dan bahkan ada yang sampai meninggal akibat kelelahan, kurang istirahat dan tidak mendapatkan minuman air mineral. 

Selengkapnya klik video di bawah ini. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar